Selasa, 08 Januari 2013

Kompetensi yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Matematika

Diposting oleh Fitrianingsih Pipit di 11.19
Assalamualaikum :)
 sekarang saya akan memosting kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru matematika. 
berikut adalah artikelnya.
 Nah, sebagai mahasiswa calon guru matematika, visi dan misi kita haruslah berorientasi pada empat kompetensi yaitu, kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Oleh karena itu setiap calon guru matematika mempunyai kewajiban untuk  berusaha secara maksimal dalam meraih, menguasai, dan memiliki keempat kompetensi tersebut sebagai bekal dalam melaksanakan tugas sehari-hari di sekolah dan berkehidupan sebagai anggota masyarakat yang baik. Sebagai guru matematika, dalam implementasinya keempat kompetensi tersebut disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran matematika yang memang mempunyai sifat khusus.
berikut ini adalah sedikit penjabaran tentang keempat kompetensi tersebut.
1.      Kompetensi Pedagogik
 Kompetensi pedagogik adalah kemampuan yang langsung berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan pembelajaran  di kelas, berhubungan dengan siswa, materi pelajaran, media pembelajaran, dan sarana-prasarana. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, dan pengembangan siswa untuk meaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Secara terinci, maksud dari kalimat di atas adalah sebagai berikut ini,

  1. Memahami siswa dengan cara memanfaatkan psikologi perkembangan kognitif, psikologi kepribadian, dan pengetahuan awal yang dimiliki.
  2. Merancang pembelajaran dengan cara memahami psikologi belajar dan pembelajaran, menentukan strategi dan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, menyusun kompetensi-indikator yang ingin dicapai siswa, menganalisis materi bahan belajar, dan menyusun rencana pembelajaran (Program Tahunan, Program Semester, Program Satuan Pelajaran, Silabus, Analisis Materi Bahan Belajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran-RPP, Lembar Kegiatan Siswa, Media yang tepat, dan instrumen Evaluasi yang akurat) 
  3. Melaksanakan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan (kesiapan ruang-alat-media-siswa, apersepsi, informasi kompetensi-rencana aktivitas, motivasi), kegiatan inti (menunjukkan penguasaan materi, keterkaitan dengan pengetahuan lain, kontekstual, sistematika-hierarkhis, kesesuaian dengan indikator komptensi, penguasaan kelas, menumbuhkan kebiasaan positif, kesesuaian dengan alokasi waktu, ketrampilan penggunaan sumber-media, memfasilitasi partisipasi-aktivitas siswa, kemampuan khusus matematika, evaluasi proses dan hasil belajar, penggunaan bahasa), kegiatan penutup (refleksi, membimbing rangkuman, tindak lanjut-tugas-pengayaan-remidial)
  4. Merancang-melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan berbagai metode, menganalisis, menentukan ketuntasan belajar siswa, memanfaatkan hasil evaluasi untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran 
  5. Mengembangkan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya dengan mamfasilitasi pengembangan potensi akademik dan non akademik.


2.      Kompetensi Profesional
 Kompetensi profesional adalah kemampuan guru dalam menguasai materi bahan belajar secara mendalam dan luas, yang mencakup materi minimal dalam kurikulum yang berlaku, substansi keilmuan yang memayungi materi tersebut, penguasaan strukrtur dan metodologi keilmuannya.
Secara terinci, maksud dari kalimat di atas adalah sebagai berikut ini.
a.       Menguasai substansi keilmuan  dengan indikator memahami materi bahan belajar sesuai kurikulum yang berlaku, memahami struktur- konsep-dan metode keilmuan yang koheren dengan bahan belajar siswa, memahami koneksivitas dengan pelajaran terkait, dan menerapkan konsep keilmuan  dalam aplikasi kehidupan nyata.
b.      Menguasai struktur dan metode keilmuan memiliki indikator yang sesuai dengan kajian penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam bidang studi.

3.      Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian adalah kemampuan individu yang mencerminkan kepribadian mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, teladan, dan berakhlaq mulia. Secara terinci kompetensi kepribadian tersebut adalah meliputi hal sebagai berikut ini.
a.       Kepribadian mantap bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku – norma hukum, norma etika, norma sosial, bangga sebagai guru, dan konsistensi
b.      Kepribadian dewasa dengan ciri kemandirian, etos kerja, profil guru
c.       Arif memiliki indikator  tindakan atas azas manfaat bagi siswa, sekolah, dan masyarakat, keterbukaan dalam berfikir dan bertindak
d.      Berwibawa yaitu memiliki pribadi yang berpengaruh positif dan disegani
e.       Berakhlaq mulia sehingga menjadi teladan dengan cara bertindak sesuai norma agama (ikhlas, jujur, iman, taqwa, memudahkan urusan, menyenangkan).

4.      Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah kemampuan guru dalam berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan siswa, sejawat guru, pimpinan,  staf yang lain, dan masyarakat yang lainnya. Indikator kemampuan sosial ini adalah :
a.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan siswa  dalam konteks pembelajaran sehingga tercipta suasana kondusif, nyaman dan menyenangkan
b.      Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sejawat guru dan jajaran dunia pendidikan  dalam konteks profesi, keilmuan, dan kekerabatan sehingga tercipta suasana kondusif, nyaman dan menyenangkan
c.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan orang tua siswa dan masyarakat sekitar dalam konteks kependidikan kemasyarakatan sehingga tercipta suasana kondusif, nyaman dan menyenangkan
d.      Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan masyarakat sekitar tempat tinggal (rumah) dalam konteks kemasyarakatan sehingga tercipta suasana kondusif, nyaman dan menyenangkan
e.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan keluarga sendiri dan keluarga besar (famili-dulur) konteks kekeluargaan sehingga tercipta suasana silaturahmi yang erat jauh dari prasangka.


sumber: handout BPM oleh Erman Suherman
 semoga postingan saya bermanfaat ya..
Wassalamualaikum :)

0 komentar on "Kompetensi yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Matematika"

Posting Komentar

.

Kompetensi yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Matematika

Assalamualaikum :)
 sekarang saya akan memosting kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru matematika. 
berikut adalah artikelnya.
 Nah, sebagai mahasiswa calon guru matematika, visi dan misi kita haruslah berorientasi pada empat kompetensi yaitu, kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Oleh karena itu setiap calon guru matematika mempunyai kewajiban untuk  berusaha secara maksimal dalam meraih, menguasai, dan memiliki keempat kompetensi tersebut sebagai bekal dalam melaksanakan tugas sehari-hari di sekolah dan berkehidupan sebagai anggota masyarakat yang baik. Sebagai guru matematika, dalam implementasinya keempat kompetensi tersebut disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran matematika yang memang mempunyai sifat khusus.
berikut ini adalah sedikit penjabaran tentang keempat kompetensi tersebut.
1.      Kompetensi Pedagogik
 Kompetensi pedagogik adalah kemampuan yang langsung berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan pembelajaran  di kelas, berhubungan dengan siswa, materi pelajaran, media pembelajaran, dan sarana-prasarana. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, dan pengembangan siswa untuk meaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Secara terinci, maksud dari kalimat di atas adalah sebagai berikut ini,

  1. Memahami siswa dengan cara memanfaatkan psikologi perkembangan kognitif, psikologi kepribadian, dan pengetahuan awal yang dimiliki.
  2. Merancang pembelajaran dengan cara memahami psikologi belajar dan pembelajaran, menentukan strategi dan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, menyusun kompetensi-indikator yang ingin dicapai siswa, menganalisis materi bahan belajar, dan menyusun rencana pembelajaran (Program Tahunan, Program Semester, Program Satuan Pelajaran, Silabus, Analisis Materi Bahan Belajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran-RPP, Lembar Kegiatan Siswa, Media yang tepat, dan instrumen Evaluasi yang akurat) 
  3. Melaksanakan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan (kesiapan ruang-alat-media-siswa, apersepsi, informasi kompetensi-rencana aktivitas, motivasi), kegiatan inti (menunjukkan penguasaan materi, keterkaitan dengan pengetahuan lain, kontekstual, sistematika-hierarkhis, kesesuaian dengan indikator komptensi, penguasaan kelas, menumbuhkan kebiasaan positif, kesesuaian dengan alokasi waktu, ketrampilan penggunaan sumber-media, memfasilitasi partisipasi-aktivitas siswa, kemampuan khusus matematika, evaluasi proses dan hasil belajar, penggunaan bahasa), kegiatan penutup (refleksi, membimbing rangkuman, tindak lanjut-tugas-pengayaan-remidial)
  4. Merancang-melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan berbagai metode, menganalisis, menentukan ketuntasan belajar siswa, memanfaatkan hasil evaluasi untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran 
  5. Mengembangkan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya dengan mamfasilitasi pengembangan potensi akademik dan non akademik.


2.      Kompetensi Profesional
 Kompetensi profesional adalah kemampuan guru dalam menguasai materi bahan belajar secara mendalam dan luas, yang mencakup materi minimal dalam kurikulum yang berlaku, substansi keilmuan yang memayungi materi tersebut, penguasaan strukrtur dan metodologi keilmuannya.
Secara terinci, maksud dari kalimat di atas adalah sebagai berikut ini.
a.       Menguasai substansi keilmuan  dengan indikator memahami materi bahan belajar sesuai kurikulum yang berlaku, memahami struktur- konsep-dan metode keilmuan yang koheren dengan bahan belajar siswa, memahami koneksivitas dengan pelajaran terkait, dan menerapkan konsep keilmuan  dalam aplikasi kehidupan nyata.
b.      Menguasai struktur dan metode keilmuan memiliki indikator yang sesuai dengan kajian penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam bidang studi.

3.      Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian adalah kemampuan individu yang mencerminkan kepribadian mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, teladan, dan berakhlaq mulia. Secara terinci kompetensi kepribadian tersebut adalah meliputi hal sebagai berikut ini.
a.       Kepribadian mantap bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku – norma hukum, norma etika, norma sosial, bangga sebagai guru, dan konsistensi
b.      Kepribadian dewasa dengan ciri kemandirian, etos kerja, profil guru
c.       Arif memiliki indikator  tindakan atas azas manfaat bagi siswa, sekolah, dan masyarakat, keterbukaan dalam berfikir dan bertindak
d.      Berwibawa yaitu memiliki pribadi yang berpengaruh positif dan disegani
e.       Berakhlaq mulia sehingga menjadi teladan dengan cara bertindak sesuai norma agama (ikhlas, jujur, iman, taqwa, memudahkan urusan, menyenangkan).

4.      Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah kemampuan guru dalam berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan siswa, sejawat guru, pimpinan,  staf yang lain, dan masyarakat yang lainnya. Indikator kemampuan sosial ini adalah :
a.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan siswa  dalam konteks pembelajaran sehingga tercipta suasana kondusif, nyaman dan menyenangkan
b.      Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sejawat guru dan jajaran dunia pendidikan  dalam konteks profesi, keilmuan, dan kekerabatan sehingga tercipta suasana kondusif, nyaman dan menyenangkan
c.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan orang tua siswa dan masyarakat sekitar dalam konteks kependidikan kemasyarakatan sehingga tercipta suasana kondusif, nyaman dan menyenangkan
d.      Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan masyarakat sekitar tempat tinggal (rumah) dalam konteks kemasyarakatan sehingga tercipta suasana kondusif, nyaman dan menyenangkan
e.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan keluarga sendiri dan keluarga besar (famili-dulur) konteks kekeluargaan sehingga tercipta suasana silaturahmi yang erat jauh dari prasangka.


sumber: handout BPM oleh Erman Suherman
 semoga postingan saya bermanfaat ya..
Wassalamualaikum :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fitri in Bizzare World :) Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez